INILAH BAND YANG BERJASA PALING BESAR MEMBANGUN PONDASI BLACK METAL INDONESIA. WAKTU TELAH MENJAWAB, HELLGODS TAK PERNAH BISA DIHAPUS DARI SEJARAH.

SAAT dibentuk pada 16 September 1995, Hellgods hanya band session. Sebab, para personilnya merupakan gabungan dari beberapa band. Formasi pertama Hellgods diisi Ade Black Wizard pada vokal, Abu Blackened Ash (gitar), Loex’ Black Storm (gitar), Chex’ Barbarian (bas), dan Agung Abyssia (drum).

Awalnya Hellgods membawakan lagu-lagu dari The Abyss, Rotting Christ, Necromantia, Impaled Nazarene, dan Cradle Of Filth. Band-band itu juga yang banyak memengarungi musik mereka. Dengan konsep musik mereka extreme violence black metal, mereka mengeluarkan singel pertama bertajuk Satanic Christians pada November 1995. Singel ini dibuat untuk mengisi acara Bedah Demo yang diselenggarakan oleh GMR Rock Station. Dan singel tersebut berhasil masuk nominasi 10 besar.

Setelah melalui perjalanan yang cukup terjal, akhirnya mereka berhasil menelurkan album perdana dengan titel When The Forest Became My Kingdom pada bulan Juli 1997. Album yang berisi delapan lagu ini dirilis label Nocturmoon Records.

Dalam album tersebut, mereka memakai additional musician untuk mengisi suara perempuan, yaitu Sisca Fransisca dari Praetermonstro. Namun, khusus untuk mengisi suara perempuan pada saat menggelar pertunjukan, untuk sementara waktu Hellgods memakai additional musician lain yaitu Rini Vixen, Kiki Vempire, dan Fransisca Ria Vamperotica.

November 1997, mereka mengeluarkan singel Kabut Keabadian untuk mengisi album Metalik Klinik — sebuah kompilasi underground pertama yang dirilis secara major label di Indonesia, yaitu oleh Musica Records. Pada waktu bersamaan, Hellgods juga memasukkan dua buah lagu, The Blackness of The Night dan In The Battles of Barbarian War, untuk mengisi kompilasi Blacker Than Darkness yang dirilis Black Mass “Blacker Than Darkness” Bandung.

GODFATHER BLACK METAL
Sepak terjang Hellgods sangat mencuri perhatian scene black metal Indonesia. Bahkan gaung nama mereka tembus sampai ke beberapa negara Asia. Karir mereka kian menjulang dengan banyaknya gigs yang digelar pada waktu itu.

Namun seiring waktu, eksistensi Hellgods mulai diterpa masalah internal. Dimulai dengan pengunduran diri Abu Black Ass pada Mei 1998. Untuk sementara waktu mereka berjalan dengan beranggotakan empat personil. Hingga akhirnya mereka merekrut personil baru, Syam’s Dark Winter (eks AULL-R.I.P) pada Mei 1999. Syam mengisi slot bas, sementara posisi gitaris yang ditinggalkan Abu Black Ass diisi Chex’ Barbarian. Maka formasi Hellgods saat itu menjadi Ade Black Wizard (vokal), Loex’ Black Storm (gitar), Chex’ Barbarian (gitar), Syam’s Dark Winter (bas), dan Agung Abyssia (drum).

Formasi itu membuat Hellgods kembali solid. Hellgods pun sepakat untuk mengubah konsep musik mereka menjadi fast and melodic black metal. Hasilnya, sebuah singel bertitel Ahl Sohn Bar mereka keluarkan untuk mengisi album Neohellist, kompilasi black metal yang dirilis Extreme Soul Productions pada Maret 2000.

Akan tetapi, singel itu justru jadi penanda kevakuman Hellgods untuk waktu yang cukup lama. Sampai kemudian tiga personel Hellgods yakni Chex’ Barbarian, Agung Abyssia, dan Syam’s Dark Winter, menyatakan undur diri secara bersamaan. Beruntung Abu Black Ass mau kembali bergabung. Sedangkan untuk mengganti dua personel lainnya, Hellgods mendapatkan Dedizzia Necrolord (Unseen Darkness) dan Hendra (eks Motor Death).

Agustus 2002, mereka kembali mengeluarkan singel bertitel I reach… The Eternity untuk dimasukkan ke dalam album When The Forest Became My Kingdom yang dirilis ulang oleh Prapatan Rebel di akhir tahun 2002. Setelah itu, Hellgods kembali menggetarkan scene black metal dengan banyaknya kembali gigs yang mereka gelar.

Pada Maret 2003, Hellgods mengeluarkan singel Melebur Jiwa untuk mengisi album kompilasi Dark To Eternity yang dirilis oleh Darkness Earth Productions. Akhir 2003, mereka merekam sebuah lagu milik Sepultura, Troops Of Doom, untuk mengisi album kompilasi Sepultribe “A Tribute to Sepultura” yang dirilis oleh Insane Dreams Productions dan Brisik Distro.

Setelah vakum beberapa lama, Hellgods kembali menggebrak dengan konsep the blackened rebirth di akhir tahun 2009 lalu dengan formasi Ade (vokal), Loex’ (gitar), Abu (gitar), Dedi (bas), dan Hariz (drum).

Namun, kesibukan pekerjaan yang menuntut konsentrasi penuh, Ade mengundurkan diri tepat sebelum launching kembalinya Hellgods di kancah musik black metal tanah air yang di The Rock Café akhir 2009. Abu Blackened Ash akhirnya memutuskan diri untuk menjadi vokalis dan akhirnya Hellgods tampil dengan konsep electronics blackmetal.

Di awal 2010, konsep electronics blackmetal sedikit demi sedikit ditinggalkan dan kembali ke khitahnya mengusung war, raw, uncompromised black metal. Ade Black Wizard sempat mengisi slot vokal saat tampil di acara Bandung Territory di Lembang.

Mundurnya Loex Damien dari posisi gitaris di pertengahan 2010, membuat Hellgods menggamit dua gitaris baru untuk mengisi kekosongan tersebut, yaitu Abah ‘Alltime Crew’ Desecrator dan Igor Nazaroth dari Divine Blackness. Juga Reyza Unseen untuk mengisi jadwal show yang menanti di depan mata, termasuk jadi pembuka konser Marduk — salah satu gods of darkness di kancah black metal dunia — di Jakarta.

Awal 2011, Abah Desecrator mengundurkan diri untuk berkonsentrasi di sisi manajerial Hellgods. Sedangkan Igor Nazaroth kembali ke Divine Blackness. Hellgods terpaksa mencari gitaris untuk mengisi kekosongan ini. Akhirnya JP dari Mortified bergabung untuk mengisi kekosongan. Untuk sementara Hellgods memutuskan diri untuk berhenti melakukan show, baik dalam dan luar kota, untuk berkonsentrasi dalam proses pembuatan album terbaru mereka.


Formation



1995
Ade Black Wizard-vokal
Abu Blackened Ash-gitar
Loex’ Black Storm-gitar
Chex’ Barbarian-bas
Agung Abyssia-drum

1999
Ade Black Wizard-vokal
Loex’ Black Storm-gitar
Chex’ Barbarian-gitar
Syam’s Dark Winter-bas
Agung Abyssia-drum

2002
Ade-vokal
Loex’-gitar
Abu-gitar
Dedi-bas
Hendra-drum

2009
Ade-vokal
Loex’-gitar
Abu-gitar
Dedi-bas
Hariz-drum

2011
Abu Blackened Ash-vokal
JP ‘Mortified’-guitars
Dedy Abyssia-bas/vokal
Hariz Da Grinder-drum
Reyza Unseen-keyboard

Genre



Black Metal

Hometown



Bandung, Indonesia

Record Label



Inhail

Contact



Abah ‘Desecrator’ Supriyanto
desecrator@hellgods.com
02269740666/0816777611

Web/Social Media


Discography



01. When the Forest Become My Kingdom (Album, 1997)
02. Ahl Son Bahr (Single, 2000)
03. I reach … The Eternity (Single, 2002)
04. Melebur Jiwa (EP, 2003)
05. The Blackened Rebirth (Demo, 2010)
06. Dark Fortress (Single, 2011)
07. Awakening of the Mighty Infernal Gods (Single, 2011)

Merchandise